25 Juni 2022
Spermatogenesis Proses Terbentuknya dan Cara Menjaga Kualitas Sperma

Spermatogenesis: Proses Terbentuknya dan Cara Menjaga Kualitas Sperma

Mungkin sebagai besar orang akan mengira jika cairan kental putih yang keluar dari penis pria adalah sperma. Padahal itu adalah air mani. Sperma sendiri merupakan bagian dari cairan putih tersebut, dan hanya dapat dilihat menggunakan alat khusus seperti mikroskop.

Nah, dalam testis terlebih dahulu akan terjadi sebuah rangkaian proses bernama spermatogenesis. Untuk lebih jelasnya mengenai proses ini, maka silakan untuk simak terlebih dahulu ulasan berikut.

Proses Spermatogenesis

Spermatogenesis terdiri dari dua kata, yaitu spermatozoa yang artinya benih, dan genesis yang artinya pembelahan. Proses ini sendiri merupakan proses pembentukan sel sperma di dalam testis pria.

Untuk rangkaian prosesnya adalah sebagai berikut ini.

  1. Pertama sel sperma akan diproduksi oleh tubulus seminiferus terjadi di testis. Pada dinding tubulus ini akan ada sel sertoli yang tersebar secara acak. Sel ini akan memberikan makanan pada sel sperma yang belum matang.
  2. Kemudian ketika sudah matang (spermatogenia), sel ini sperma (spermatogenium) akan memperbanyak diri dengan cara mitosis dan meiosis.
  3. Dari spermatogenium akan melakukan perubahan kembali menjadi yang bernama spermatosit primer dengan cara mitosis. Selanjutnya akan menjadi spermatosit sekunder dan memiliki ukuran yang sama.
  4. Dengan melalui tahapan Meosis ke dua, nantinya spermatosit sekunder akan menjadi empat spermatid yang sama bentuk dan ukuran. Nah, spermatid adalah step paling akhir sebelum menjadi sel sperma paling kuat dan akan dikeluarkan bersamaan air mani. Ini akan dikeluarkan saat pria mengalami ejakulasi.

Cara Tingkatkan Kualitas Sperma

Sperma tentunya memiliki peranan yang penting. Maka dari itu anda sebagai pria memang harus bisa menjaga diri agar kualitas sperma bisa baik. Jika sehat dan kualitasnya baik maka akan menjadi kunci kesuburan pria. Jika memang anda dan pasangan berencana untuk memiliki momongan maka harus bisa menjaga kesuburan dan kualitasnya.

Tak sekadar usia, gaya hidup sehat pun mempengaruhi kualitas sperma. Berikut ini adalah beberapa gaya hidup sehat yang bisa menjaga kualitas sperma.

1. Perhatikan Asupan Makanan

Dengan asupan gizi yang sesuai dan seimbang, maka akan membantu proses pembuahan sperma. Karena hal tersebutlah anda harus memperhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh, pastikan penuh nutrisi dan gizi.

2. Berhenti Merokok

Selanjutnya adalah berhenti merokok. Seperti yang sudah diketahui banyak orang, jika merokok merupakan kegiatan yang tak sehat dan ada banyak dampak negatif, salah satunya adalah mempengaruhi kesuburan. Menurut penelitian, perokok aktif akan beresiko tinggi mengalami impotensi, dan kualitas sperma perokok pun buruk jika dibandingkan dengan non-perokok.

3. Rajin Olahraga

Rajin olahraga akan membantu seseorang untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Perlu diketahui jika obesitas akan mengganggu kualitas dan kuantitas sperma. Untuk itu, olahraga tak sekadar hanya bisa menjaga kesehatan tubuh dan membuat tubuh lebih fresh, tapi juga akan menjaga berat badan tubuh sehingga bisa membuat sperma lebih berkualitas.

Itulah beberapa cara dapat dilakukan agar kualitasnya bisa terjaga. Mulai gaga hidup sehat dari sekarang agar anda tak menyesal dikemudian hari.