26 November 2022
47

Pin ATM Terblokir

Daftar isi konten

bagaimana jika PIN ATM  terblokir? Jangan panik, ketahui penyebab melalui penjelasan di bawah ini.

Semakin banyaknya pengguna kartu debit, bank tentu semakin giat mempermudah para nasabahnya untuk melakukan transaksi di mana dan kapanpun. Terlepas dari segala manfaatnya, fasilitas ini juga memiliki kekurangan, yakni kartu ATM yang bisa terblokir tiba-tiba sehingga tidak bisa digunakan.

Pemblokiran kartu ATM bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya lupa PIN kartu ATM sehingga salah memasukkannya saat hendak melakukan transaksi. Sayangnya, ATM kamu akan terblokir jika salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali berturut-turut. Atau dalam kasus lain, kartu ATM kamu dipakai oleh pihak lain yang tidak bertanggungjawab.

Penyebab ATM Terblokir

Ada banyak alasan kenapa kartu ATM terblokir. Penyebab umum terblokirnya kartu ATM adalah pengguna lupa dan salah memasukkan Personal Identification Number (PIN) atau password (kata sandi) ketika akan melakukan transaksi.

Penyebab lain juga bisa karena rekening nasabah mengalami kondisi tertentu yang membuat kartu ATM diblokir pihak bank. Seperti kartu ATM terblokir bisa juga terjadi karena adanya pihak lain yang telah mencoba menggunakan kartu ATM tersebut dan salah memasukkan PIN.

Selain itu, pemblokiran bisa berasal dari pengguna sendiri yang meminta pihak bank untuk memblokir kartu miliknya karena kartu ATM hilang atau dicuri orang. ATM yang telah melewati masa kedaluwarsa atau expired juga menjadi penyebab ATM terblokir. Umumnya, kartu ATM memiliki masa berlaku selama 5 tahun.

Baik nasabah bank BCA, Mandiri, BRI, BNI, Cimb Niaga, Permata bank Adapun ciri-ciri ATM terblokir ialah sebagai berikut.

  1. Segala bentuk transaksi tidak akan bisa dilakukan lewat mesin ATM.
  2. Jika ATM sudah terblokir, kamu akan ditolak saat mau bertransaksi lewat mesin ATM.
  3. Layar ATM akan menampilkan tulisan penolakan yang menjelaskan bahwa ATM milikmu terblokir. Seperti “Kartu ATM Anda Ditolak”, “Silakan Hubungi Call Center”, “Anda Telah 3X Salah PIN”, “Salah PIN Sudah Melampaui Batas Silakan Mengambil Kartu Kalian” atau “Transaksi Tidak berhasil”.