29 September 2022
Perhatikan 4 Hal Penting Ini saat Masak Bubur Bayi Bergizi

Perhatikan 4 Hal Penting Ini saat Masak Bubur Bayi Bergizi

Sebagai orang tua, kandungan makanan bayi Anda harus benar-benar diperhatikan. Membuat makanan bayi tidaklah sulit dan hanya menggunakan bahan serta alat sederhana. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa hal yang akan dibahas di artikel ini yaitu sebagai berikut.

1. Harus Matang Sempurna

Bubur bayi yang disajikan harus dimasak dengan benar-benar matang. Makanan mentah tidak baik untuk kesehatan bayi Anda. Hal tersebut dikarenakan makanan mentah mengandung bakteri salmonella, yang dapat menyebabkan diare pada bayi. Bakteri tersebut harus sepenuhnya mati dengan cara memasaknya hingga matang.

Tentunya ini sangat berbahaya. Terutama pula pada pemberian telur setengah matang kepada bayi. Anda harus menghindarinya karena rentan membuat pencernaan si kecil terganggu. Memastikan makanan pada bubur telah matang sempurna adalah cara terbaik.

2. Hindari Terlalu Matang

Berhati-hatilah agar tidak memasak bubur bayi sampai terlalu matan. Makanan yang terlalu matang akan kehilangan kandungan nutrisinya. Selain itu, sayuran harus dapat diproses dengan benar mulai dari pencucian hingga pengukusan, dan jangan langsung direbus.

Untuk tekstur yang lebih halus, hancurkan bahan bubur bayi dan kukus terlebih dahulu. Setelah itu blender dan saring agar tidak ada yang membuat bayi tersedak. Proses ini juga dapat Anda praktikan pada bahan seperti daging dan ikan. Dengan begitu, Anda tidak perlu memasaknya terlalu lama atau terlalu matang.

3. Simpan dalam Freezer

Anda dapat menyimpan bubur yang sudah masak di lemari es bagian freezer untuk kenyamanan saat mengolah makanan kembali. Namun sebelum itu, pastikan komposisi bubur sesuai dengan tekstur dan kebutuhan bayi Anda. Saat ingin menyajikannya, Anda bisa menggunakan steamer atau pemanas untuk memanaskan bubur.

Saat Anda pergi keluar bersama bayi, Anda juga bisa merendamnya dalam air panas yang Anda bawa di termos. Saat disimpan dalam freezer, bubur akan lebih awet. Selain itu, ini akan menghindari berubahnya rasa bubur meskipun sudah disimpan dalam waktu beberapa jam.

4. Tidak Perlu Gula dan Garam

Lidah bayi masih sangat sensitif akan rasa-rasa Bayi masih belum bisa merasakan rasa yang tajam. Anda bisa menambahkan makanan yang mengandung rasa manis atau asin. Sebagai alternatif, Anda bisa menambahkan bawang putih, bawang bombay, tomat dan bumbu lainnya yang memberikan efek positif bagi tubuh anak Anda.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayi yang belajar makan makanan padat jauh lebih baik jika tanpa menggunakan garam sebagai bumbu. Jika Anda ingin menambahkan rasa asin, Anda juga bisa menambahkan dengan keju atau jamur.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memasak bubur bayi. Jika Anda ingin memilih bubur instan, Cerelac Nestle adalah pilihan yang tepat. Rasanya beragam, teksturnya cocok untuk bayi, dan bergizi. Nutrisi yang dikandung dapat memenuhi gizi yang dibutuhkan bayi Anda.