7 Desember 2021
gambar unggulan

Memahami Tentang Istilah Bitcoin Halving

Banyak pertanyaan tentang Bitcoin Halving. Apa itu Halving? Apa dampaknya di pasar? Dan mengapa Bitcoin Halving banyak digunakan sebagai indikator oleh para trader, miner, dan trader Bitcoin untuk mengambil posisi. Kali ini kami akan mengulas Selengkapnya tentang Bitcoin Halving.

Jadi, apa itu Bitcoin halving? Bitcoin halving adalah peristiwa ketika hadiah untuk penambang Bitcoin dikurangi. Oh ya, kalau ada istilah menambang atau miner, bukan berarti kita pergi ke gunung dengan kapak dan terus memukul-mukul batu seperti yang dibayangkan orang menambang.

Namun menambang dalam konteks Bitcoin berarti melakukan kegiatan validasi transaksi. Dan ketika mereka berhasil memvalidasi transaksi, para penambang mendapatkan hadiah berupa Bitcoin. Nah, penambang Bitcoin memvalidasi transaksi dengan memecahkan teka-teki yang rumit. Dan diperlukan peralatan komputer yang memadai.

Nah, Bitcoin halving adalah peristiwa ketika hadiah penambang dikurangi setengahnya. Biasanya ini terjadi setiap empat tahun atau setiap 210.000 blok. Bitcoin halving pertama dimulai pada 28 November 2012.

Dari hadiah, 50 BTC dikurangi menjadi 25 Bitcoin. Bitcoin Halving kedua terjadi pada 9 Juli 2016. Hadiah blok turun menjadi 12,5 Bitcoin. Helving Bitcoin ketiga terjadi pada 11-05-2020. Blok hadiah hanya 6,25 BTC.

Meskipun hadiah blok turun setengahnya setiap empat tahun, harga Bitcoin telah naik ribuan persen. Bitcoin halving berikutnya diperkirakan akan terjadi pada tahun 2024. Bisakah bitcoin halving dipercepat karena teknologi komputer yang lebih baik?

Ya, logikanya jika kita menggunakan teknologi yang lebih baik untuk menambang, proses penambangan bisa lebih cepat. Misalnya, jika dulu 4 tahun, sekarang mungkin selesai dalam satu tahun. Karena komputer lebih cepat. Itulah logikanya.

Tapi sayangnya, tidak semudah itu. Itu bukan cara kerjanya. Jadi Satoshi Nakamoto telah mengaturnya sedemikian rupa untuk membuat teka-teki lebih sulit jika kita menggunakan komputer yang lebih cepat.

Algoritme protokol Bitcoin dapat secara otomatis melakukan penyesuaian untuk memperumit atau menyederhanakan teka-teki dengan melihat riwayat aktivitas penambang selama dua minggu terakhir. Jadi mengakali sistem ini tidak bisa. Karena diatur oleh Satoshi Nakamoto.

Waktu rata-rata yang diperlukan untuk memvalidasi 1 blok Bitcoin adalah 10 menit. Jika penambang menyelesaikannya lebih cepat, lain kali mereka akan mendapatkan algoritma yang lebih rumit untuk dipecahkan. Jadi waktu untuk memvalidasi 1 Blok Bitcoin tinggal 10 menit.

Secepat dan secanggih komputer manapun yang digunakan. Dan 210.000 blok ini diharapkan bisa tercapai dalam waktu kurang lebih empat tahun. Kurang lebih, teman-teman. Itu tidak selalu cocok.

Nah, lalu apa dampak dari bitcoin halving ini? Bitcoin halving mengurangi jumlah koin baru yang diproduksi dan mengurangi pasokan. Ini berdampak langsung pada meroketnya harga sebelum atau sesudah separuh.

Harga Bitcoin pada separuh pertama berada pada 16 dolar. Kemudian menjadi 258 dolar pada April 2013. Dan mencapai 1.163 dolar pada November. Sebelum akhirnya jatuh ke 390 Dollar di bulan Desember. Dan dilanjutkan oleh Crypto Winter hingga 2015. Bahkan sempat menyentuh 200 dolar di tahun 2015.

Pada Bitcoin kedua yang dibelah dua pada tahun 2016 harga merangkak naik sejak Januari 2015 menjadi 775 dolar. Kemudian berlanjut dengan pergerakan bullish hingga Desember 2017 dan menyentuh angka 19.000. Setelah itu Bitcoin jatuh lagi dan melanjutkan periode bearishnya hingga 2018 yang menyentuh level terendah 3.270 dolar. Setelah itu dilanjutkan dengan crypto winter lagi.

Bagi yang belum paham apa itu Crypto winter, crypto winter ini berlangsung sampai setengah ketiga yaitu Mei 2020. Setelah itu, Bitcoin kembali bullish run hingga Mei 2021. Sebelum akhirnya crash lagi.

Jadi, apakah harga Bitcoin selalu naik sebelum Bitcoin berkurang separuh? Jawabannya belum tentu. Memang, pada halving pada tahun 2013 dan 2016 Bitcoin naik sebelum halving. Namun tidak pada tahun 2020. Harga Bitcoin telah meroket beberapa bulan setelah Halving.

Apakah harga Bitcoin selalu jatuh setelah Bitcoin berkurang separuh? Jawabannya sama, belum tentu. Tetapi jika Anda bertanya apakah harga akan meroket mendekati periode separuh? Jawabannya iya. Mendekati separuh, harga Bitcoin seperti roller coaster. Tapi menurut saya pribadi ya, ini kalau menurut saya pribadi ya. Acara separuh Bitcoin ini tidak sebesar acara lainnya.

Misalnya acara seperti Bitcoin ETF dan addoption global. Yang penting adalah adopsi global. Ada perusahaan atau negara yang menggunakan Bitcoin sebagai Treasuries atau dianggap legal tender.

Bagaimana jika tidak ada lagi Bitcoin untuk ditambang? Bitcoin halving diperkirakan akan berhenti sekitar Februari 2140. Jika kita mencapai 2140, tidak ada dari kita yang akan mengalami hal ini. Jika Bitcoin ditambang, itu berarti kita hanya bisa mendapatkan Bitcoin dari bekerja dan dapatkan bayaran dengan Bitcoin, atau beli dari seseorang yang sudah memiliki Bitcoin.

Lantas, apakah para penambang akan menutup lapaknya? Jika penambang menutup kios, siapa yang akan memverifikasi transaksi? Jika penambang menutup kios, saya rasa tidak. Karena hadiah Blok hanyalah hadiah. Hadiah untuk mengambil bagian dalam menjaga ekosistem blockchain.

Penambang tidak hanya mendapatkan dari hadiah Blok. Tapi juga dari biaya transaksi. Semakin banyak orang yang menggunakan Bitcoin, semakin banyak transaksi yang harus diverifikasi.

Semakin banyak transaksi yang harus diverifikasi, semakin besar biaya transaksinya. Biaya transaksi Bitcoin berfluktuasi. Saat video ini dibuat, biaya transaksi hanya tiga dolar per transaksi. Ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan April di sekitar 62 dolar per transaksi. Namun biaya transaksi ini bisa diakali dengan menggunakan Lightning Network atau dibungkus BTC.

Pintu adalah aplikasi jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Di Pintu, kamu bisa mengecek pergerakan harga aset, membaca berita-berita terbaru tentang crypto serta melakukan investasi dan trading hanya mulai dari Rp11.000 saja, lho. Download Pintu sekarang!