25 Juni 2022
manfaat temu giring

Kenali Manfaat Temu Giring Untuk Kesehatan

Dibandingkan jenis rimpang herbal lain, tidak banyak yang mengenal temu giring. Padahal herbal ini juga kaya akan manfaat berkat susunan anti oksidan di dalamnya yang tinggi. Dan pada kesempatan ini kita akan membahas soal manfaat temu giring.

Apa Saja Manfaat Temu Giring Untuk Kesehatan.

Dalam temu giring Anda terkandung sejumlah unsur antioksidan seperti flavonoid, tannin, terpenoid, fenolik, atsiri, alkaloid dan curcuminoid. Selain itu juga terdapat sejumlah unsur fitokimia lain yang membuat semakin banyaknya manfaat temu giring. Dan apa sajakah itu? Berikut ini beberapa di antaranya.

temu giring

Bekerja Sebagai Anti Radang

Dalam penjelasan Journal of International Immunopharmacy tahun 2009 dalam rimpang temu giring terkandung senyawa zedoarondiol yang bersifat sebagai anti inflamasi. Selain itu dalam temu giring juga terdapat kandungan itosterol, atsiri dan etanol yang juga baik untuk mengatasi inflamasi.

Menurunkan kolesterol

Dalam temu giring terdapat komponen yang dapat bekerja menurunkan level kolesterol jahat dan menurunkan level trigliserida. Trigliserida adalah komposisi lemak yang terlarut dalam darah. Temu giring akan membantu menghambat proses penyerapan lemak dalam usus dan membantu mengurangi intestitas lemak dalam darah.

Untuk menjadi obat cacing alami

Secara tradisional, temu giring memang lazim diberikan pada anak anak usia balita supaya mereka doyan makan. Manfaat temu giring di sini adalah membersihkan perut dari parasit termasuk cacing sehingga proses cerna makanan berjalan optimal dan mengembalikan pola makan yang teratur.

Mempercepat penyembuhan luka

Kandungan terpenoid dan sesquiterpenes terbukti mendorong proses regenerasi sel dan memperbaiki kerusakan sel dengan cepat. Sehingga mengonsumsi temu giring saat mengalami luka akan dengan efektif mempercepat proses penyembuhan.

Memberi perlindungan pada hati

Manfaat temu giring kali ini berkenaan dengan organ hati. Curcuminoid dalam temu giring terbukti bekerja memaksimalkan fungsi hati dalam membuang toksin dan residu dari dalam hati. Sedang di sisi lain curcuminoid juga bekerja merawat sel sel hati dengan baik.

Merawat kesehatan pencernaan

Selain bekerja sebagai anti parasit dalam organ pencernaan, temu giring juga dapat bekerja memperbaiki fungsi usus besar. Sehingga efektif untuk mengatasi sembelit maupun diare. Dengan menjaga kadar normal air dalam usus besar, mencegah feses menjadi terlalu keras ataupun menjadi terlalu cair.

Baik untuk membantu menurunkan lingkar pinggang

Salah satu penyebab lingkar pinggang seseorang melebar adalah karena efek lemak perut yang meningkat. Ini biasanya terkait dengan kinerja hati dan tingginya kadar lemak dalam darah. Sebagaimana dijelaskan, manfaat temu giring dalam menurunkan trigliserida dan meningkatkan kinerja hati. Maka secara tidak langsung ini juga akan membantu menurunkan lingkar pinggang.

Membantu mencegah proses penuaan dini

Masalah penuaan tidak selalu berkaitan dengan kulit yang menjadi keriput. Masalah ini juga terkait dengan kondisi organ yang tidak prima, penglihatan menurun, ingatan yang tidak fit serta lain sebagainya. Karena peran temu giring adalah mendorong regenerasi sel dengan efektif, maka proses penuaan akan berjalan lebih lambat. Dan masalah masalah di atas bisa terhindari.

Itulah gambaran seputar bagaimana temu giring dan khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Anda bisa mengonsumsi temu giring baik yang segar dengan cara minum air rebusannya. Atau dengan mengonsumsi air rebusan temu giring kering serta bubuk.

Meski demikian, dibalik manfaat temu giring yang banyak tadi, Anda perlu hati hati dalam mengonsumsi ramuan herbal ini. Karena temu giring yang Anda konsumsi berlebihan bisa menyebabkan efek samping seperti batu ginjal karena kandungan oksalatnya.