26 November 2022
contoh dalam beramal1

Manfaat Berbagi sedekah dengan sesama umat manusia

Sedekah JumatAmal adalah hadiah dari Tuhan yang memungkinkan kita untuk mencintai melampaui kemungkinan manusiawi kita. Amal adalah mencintai seperti Tuhan, bukan dengan kesempurnaan yang Dia lakukan, tetapi dengan gaya yang Dia miliki. Itulah yang kita maksudkan ketika kita mengatakan bahwa kita diciptakan menurut gambar dan rupa Allah, bahwa kita memiliki kemampuan untuk mengasihi seperti Allah.

Kita harus mengasihi Tuhan di atas segalanya. Jika objek cinta adalah kebaikan, yaitu ketika kita mencintai, kita mencari kebaikan, dan jika Tuhan adalah “Kebaikan” tertinggi, maka Tuhan harus menjadi objek cinta. Lebih jauh lagi, Tuhan sendirilah yang menahbiskan kita dan memberi kita hadiah berupa kehidupan kekal.

Jenis cinta ini, yang terbesar, dapat terdiri dari tiga jenis:

Apresiatif, ketika kecerdasan memahami bahwa Tuhan adalah Kebaikan tertinggi dan ini diterima oleh kehendak.

Sensitif, ketika hati merasakannya.

Efektif ketika kita menunjukkannya dengan tindakan.

Untuk menjadi cinta sejati, itu harus apresiatif dan efektif, bahkan jika itu tidak sensitif, karena lebih mudah merasakan realitas material atau fisik daripada spiritual. Suatu penyakit dapat menyakiti kita lebih dari dosa yang serius.

Dosa yang bertentangan dengan kasih Allah:

Kebencian kepada Tuhan, yang merupakan dosa setan dan setan. Dan itu memanifestasikan dirinya dalam penghujatan, kutukan, penistaan, dll.

Kemalasan rohani, yaitu ketika manusia tidak menemukan kesenangan dalam hal-hal Tuhan, lebih dianggap membosankan dan menyedihkan. Berikut adalah suam-suam kuku dan kesembronoan atau kedangkalan.

Cinta yang berlebihan kepada makhluk, yaitu ketika manusia atau benda datang ke hadapan Tuhan dan Kehendak-Nya. Dalam setiap dosa yang serius, kasih amal hilang.

cinta tetangga

Cinta sesama adalah bagian dari kebajikan amal yang membuat kita mencari kebaikan orang lain karena cinta kepada Tuhan.

Ciri-ciri cinta sesama:

Supranatural: Kristus dikasihi dalam sesamanya, karena martabatnya yang istimewa sebagai anak Allah.

Universal: mencakup semua manusia karena mereka semua adalah makhluk Tuhan. Seperti Kristus, bahkan orang berdosa dan mereka yang melakukan kejahatan.

Memerintahkan: yaitu, Anda harus mencintai orang yang paling dekat atau yang paling membutuhkannya. Contoh: Kepada suami, daripada saudara laki-laki, kepada anak yang sakit daripada kepada yang lain.