Pada proses pembuatan kompos aerob memang membutuhkan tempat yang terbuka dengan sirkulasi udara sangat baik. Adapun karakter dan jenis bahan baku yang cocok untuk pengomposan tersebut adalah material organik.

Biasanya perbandingan dari unsur karbon dan nitrogen terbilang cukup kecil, dan kadar air sekitar 40-50% dengan pH sekitar 6-8. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara membuat kompos dengan baik dan benar.

membuat kompos

1.Menyiapkan Material Organik

Setelah itu, siapkan material – material organik dari sisa-sisa tanaman dan dedaunan, bisa juga dikombinasikan dengan cara dicampur dengan kotoran ternak. Dari kotoran ternak dan sampai alami akan berproses untuk menghasilkan pakan ternak baru yang berkualitas.

Langkah yang pertama adalah dengan mencacah bahan organik tersebut hingga menjadi potongan-potongan kecil. Semakin kecil potongan bahan yang dihasilkan akan semakin baik.

Jangan mencacahnya terlalu halus, agar serasi dan bisa berlangsung menyatu sempurna saat pengomposan berlangsung. Langkah berikutnya masukan bahan organik yang sudah dicacah tadi ke dalam bak kayu dan padatkan. Isi seluruh bak kayu hingga dirasa penuh.

2.Jaga Kelembaban Kompos

Sebaiknya lakukan penyiraman bahan baku kompos yang sudah tersusun dalam kotak kayu yang telah dibuat untuk memberikan kelembaban pada kompos. Hal ini berguna untuk mempercepat proses pengomposan, bahkan untuk lebih mempercepat prosesnya bisa juga ditambahkan starter mikroorganisme pembusuk ke dalam tumpukan kompos tersebut.

Kemudian naikkan bak papan tadi ke atas lalu tambahkan lagi beberapa bahan-bahan yang diperlukan. Lakukan secara terus menerus hingga ketinggian kompos mencapai sekitar 1,5 meter.

3.Pengemasan Kompos

Proses pengomposan selesai setelah kurang lebih 40-50 hari lamanya, namun kenyataannya dapat lebih cepat atau lambat. Hal tersebut tentunya bergantung dari keadaan dekomposer dan bahan baku kompos.

Pupuk kompos yang sudah matang dapat dikenali dengan ciri ciri warnanya yang hitam agak kecoklatan, teksturnya yang gembur dan tidak berbau. Sementara itu, dalam memperbaiki penampilan pupuk kompos yang akan dijual, sebaiknya kompos diayak terlebih dulu dan kemudian di kemas dalam karung. Simpan pupuk kompos di tempat kering dan teduh.

Itulah beberapa langkah mudah cara membuat kompos dengan baik dan benar yang sebaiknya Anda perhatikan. Semoga informasi ini berguna untuk Anda yang ingin menjaankan usaha ternak.