6 Desember 2021
gambar unggulan

Cara Ternak Lele di Kolam Tanah, Mambangun Bisnis dari Desa

Cara Ternak Lele di Kolam Tanah – Ternak ikan lele sudah dikenal sangat mudah sehingga menjadi primadona bagi siapapun yang hendak memulai beternak. Lele dikenal sebagai ikan yang dapat hidup dalam kondisi lingkungan yang bagi ikan lain sangat tidak kondusif. Karena itulah ikan lele dijuluki sebagai tikus air.

Ikan lele memiliki kandungan gizi yang sangat baik karena mengandung omega 3, asam amino, rendah lemak, protein, dan pospor. Sehingga tidak mengherankan jika kita dapat menemukan ikan lele di warung makan dan restaurant.

Peminat lele sangatlah banyak sekali dan setiap tahun mengalami kenaikan permintaan. Meskipun ternak lele sangat mudah dilakukan dan pasokan selalu mengalir dras, namun tetap saja kebutuhan pasar terhadap lele tak selalu dapat dipenuhi.

cara ternak lele di kolam tanah

Ini membuka peluang bagi siapapun yang hendak memulai usaha ternak lele. Jika hendak memulai usaha ternak lele, maka salah satu cara budidaya yang tersedia adalah dengan menggunakan beton, terpal, dan kolam tanah.

Cara Ternak Lele di Kolam Tanah

Dari berbagai pilihan tempat budidaya terbaik adalah di kolam tanah sebab mirip dengan habitat aslinya. Di kolam tanah juga dapat tumbuh makanan alaminya sebagai tambahan makanan bagi lele. Untuk benihnya Anda bisa dapatkan dari tempat pendederan yang jual bibit ikan air tawar yang terpercaya. Berikut cara ternak lele di kolam tanah yang sebaiknya Anda tahu.

Menentukan Makanan Lele

Budidaya lele sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi lele. Makanan lele terkait dengan seberapa cepat pertumbuhan yang akan dialami yang berpengaruh pada seberapa cepat panen dapat dilakukan.

Disamping itu, pengeluaran terbesar bagi peternak adalah makanannya. Dengan memilih makanan yang tepat dan pemberian pakan yang tepat akan menghasilkan lele yang pertumbuhannya optimal dengan modal sekecil mungkin.

Beruntungnya dengan menggunakan kolam tanah maka terdapat makanan alami yang ada di kolam tanah. Namun bukan berarti tak perlu menambah nutrisi. Anda perlu menambah nutrisi lele dengan pelet yang mengandung protein, lemak, vitamin, karbohidrat, dan mineral.

Pemeliharaan Lele Kolam Tanah

Lele harus senantiasa dirawat dengan telaten dan rutin. Perawatan dilakukan dengan mengusir hama, penyakit, membersihkan kolam, dan memastikan pakan yang diberikan cukup dan tak berlebih. Jika dirawat dengan tepat maka panen sudah dapat dilakukan selama 2,5 hingga 3 bulan.

Demikianlah informasi langkah cara ternak lele di kolam tanah yang mudah dilakukan. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi untuk Anda.