26 November 2022
47

Cara Install Laravel 7 Dengan Langkah Super Lengkap dan Praktis

Versi paling teranyar dari laravel adalah versi 8, namun ada kalanya kita masih ingin menggunakan versi sebelumnya karena cenderung lebih hangat dan familiar.

Sekedar informasi, laravel merupakan salah satu kerangka kerja PHP yang sangat hebat untuk membangun aplikasi web, yang mana versi 7 pertama kali dirilis pada tanggal 3 Maret 2020.

Mereka biasanya merilis versi utama setiap 6 bulan sekali, akan tetapi sudah 2 tahun ini versi 8 tetap stuck pada tempatnya.

Namun kita tak akan membahas versi terbaru dari Laravel, melainkan mencoba untuk menggunakan versi 7 yang akan kita install di dalam Windows 10 dengan beberapa langkah mudah.

Cara ini bisa menjadi tekhnik tercepat untuk belajar, layaknya penyedia jasa pembuat website laravel profesional yang telah melanglang buana ke berbagai negara.

Langkah Install Laravel 7 di Windows 10

Biar tak bikin pusing, kita buat langkah ini menjadi poin-poin ringkas dan padat, diantaranya:

  1. Install XAMPP. Tanpa ini, tak mungkin kita dapat menginstall Laravel ataupun website builder lainnya.
  2. Instal Composer. Manajer paket tingkat aplikasi untuk bahasa pemrograman PHP yang menyediakan format standar demi mengelola dependensi perangkat lunak PHP dan pustaka yang akan kita perlukan nanti.
  3. Instal Laravel. Untuk menginstalnya kita harus menjalankan perintah pada Command Promp, composer global require “laravel/installer”.
  4. Membuat Aplikasi Baru. Setelah instalasi selesai, barulah kita dapat membuat aplikasi baru yang juga menggunakan perintah berupa: composer create-project –prefer-dist laravel/laravel AwesomeProject.
  5. Buat Basis Data, atau Database. Proyek ini harus tersimpan di MySQL, dan bisa dibuat melalui PHPMyAdmin dengan alamat http://localhost/phpmyadmin.
  6. Modifikasi File .env. ada di direktori root proyek yang kita gunakan.
  7. Migrasi Basis Data. Caranya dengan menggunakan perintah: php artisan migrate.
  8. Jalankan Aplikasi. Berikan command berupa: php artisan serve. Lalu lihat hasil jadinya melalui alamat htpp://localhost:8000.

Memang sedikit panjang ya! Tapi jika sudah terbiasa maka akan meningkatkan skill kamu di dunia website dan blogging berkali-kali lipat.

Orang mungkin berpikir bahwa pekerjaan desain website laravel itu menakutkan, namun sebenarnya sangatlah menyenangkan setelah diselami lebih lanjut.