Cara budidaya ikan gabus tidaklah sulit. Ternak ikan ini bisa merupakan peluang usaha yang sangat menggiurkan sebab ikan gabus mempunyai banyak sekali keunggulan.

Meskipun budidaya ikan gabus tidak sepopuler ternak ikan lainnya, namun banyak orang yang merasakan keuntungan melimpah dengan budidaya ikan gabus sama halnya dengan budidaya ikan nila, bandeng ataupun ikan lele.

cara budidaya ikan gabus

Cara Budidaya Ikan Gabus

Berternak ikan gabus bisa dibilang sangat mudah dan mempunyai masa panen yang cepat. Yuk langsung simak saja cara budidaya ikan gabus selengkapnya berikut ini.

Kebutuhan dalam Budidaya Ikan Gabus

Memulai budidaya ikan gabus tidaklah mudah sebab ada banyak hal yang harus dipersiapkan diantaranya adalah:
Kolam ikan gabus tak boleh terlalu sempit.
Setidaknya milikilah ukuran 2 m x 5 m dengan tinggi air mencapai 150 cm.

Benih ikan gabus yang berukuran antara 3 – 4 cm.
Pakan ikan gabus yang dapat dibeli di toko hewan, atau alat pancing.

Penebaran ikan gabus tak boleh padat. Maksimal 15 ekor saja per meter persegi.

Tahapan Budidaya Ikan Gabus

Setelah membeli bibit ikan gabus dari pembibitan, selanjutnya lakukanlah aklimatisasi agar nantinya benih ikan gabus tidak merasa stres saat diletakan dikolam.

Aklimatisasi dalam cara budidaya ikan gabus ini adalah meletakan benih yang masih ada dalam plastik dalam kolam selama beberapa lama. Setelah itu baru buka plastik dengan perlahan.

Pakan gabus memengaruhi keuntungan budidaya ikan gabus. Oleh sebab itu pastikan bahwa ikan gabus diberimakan dalam porsi yang tepat. Makanan ikan gabus adalah pelet ikan yang mengandung protein >25%.

Jumlah makanan tergantung dari berat badan ikan. Oleh sebab itu, lakukan penimbangan ikan setiap 2 – 3 minggu sekali untuk menentukan jumlah makanan. Makanan diberikan sebanyak 3 – 5% dari berat tubuh. Makanan diberikan tiga kali sehari.

Pemanenan ikan gabus dilakukan 6 bulan setelah pembenihan. Ikan gabus harus dipisahkan berdasarkan ukuran tubuhnya. Jualah ikan gabus yang berukuran sedang dan besar ke pasar sedangkan untuk ukuran kecil, jual saja ke tetangga, teman, atau saudara.

Ukuran ikan gabus harus dipisahkan berdasarkan ukurannya. Cara budidaya ikan gabus ini penting agar nantinya ikan gabus yang ukurannya lebih besar tidak memangsa ikan gabus yang ukurannya lebih kecil.