26 November 2022
ball joint mobil korea hyundai

Ball Joint Mobil Korea Hyundai

Fungsi dan Gejala Kerusakan Onderdil Ball Joint Mobil Korea Hyundai

Onderdil Ball joint mobil korea Hyundai terletak di kaki-kaki mobil korea dan banyak pengguna tidak mengetahui akan hal ini. Padahal keberadaannya sangat penting dan memberikan kenyamanan ketika berkendara. Bagian sistem suspensi pun tidak dapat bekerja secara maksimal tanpa kelengkapan komponen ini.

Fungsi Ball Joint Mobil Korea Sebagai Komponen Penting Mobil Hyundai

Onderdil Ball joint sebagai komponen penting pada mobil korea yang berada di antara steering knuckle serta arm baik di bagian lower arm ataupun upper um. Ball joint mobil Hyundai adalah ONDERDIL MOBIL KOREA yang perannya untuk memberi rasa nyaman pada pengendara khususnya di bagian sistem kemudi.

Cara melakukan pemasangannya pun perlu menggunakan baut dan di dalam setiap roda terdapat 2 buah ball joint. Bentuknya komponen cukup mirip dengan tie rod dan pastinya bisa aus jika terus digunakan tanpa perawatan secara rutin.

ball joint mobil korea hyundai

Fungsi ball joint untuk menghubungkan sparepart arm dengan suku cadang knuckle roda. Selain itu beroperasi sebagai sumbu roda saat mobil akan dibelokkan ke kanan ataupun kiri. Sementara itu untuk fungsi ball joint suspensi sebagai penerima beban kendaraan yang bentuknya vertikal ataupun lateral.

Maka dari itu saat belok, posisi beban diatasi dan pengendara tetap merasa ringan ketika menyetir. Sistem kerja dari ball joint sendiri yakni seperti halnya keberadaan sendi putar yang ada pada lengan.

Dengan demikian dapat berputar bebas dan menyesuaikan gerakan roda saat berjalan. Saat pergerakan roda melalui jalan tidak rata maka ball joint akan menyesuaikan. Sehingga membuat posisi knuckle tidak akan patah.

Gejala Kerusakan Ball Joint Mobil Korea Hyundai Yang Perlu Diwaspadai

Tidak banyak pengguna mobil korea yang mengetahui cara cek onderdil ball joint mobil Hyundai. Padahal setiap pengguna mobil korea perlu mengetahui hal ini untuk memahami kerusakan yang terjadi. Sebab adanya kerusakan pada ball joint hyundai terdapat gejala yang muncul dan harus diwaspadai.

Beberapa gejala kerusakan yang terjadi pada sparepart ball joint korea di antaranya:

  1. Roda depan akan terasa kocak ketika digunakan untuk berkendara
  2. Terdapat suara bergemuruh akan terdengar saat mobil dikendarai di jalanan tidak rata
  3. Ban terasa aus secara bergelombang dan tidak merata di bagian luar ban
  4. Pengendara akan merasa kesulitan dalam mengendalikan mobil saat di jalanan lurus bahkan berbelok
  5. Ada suara bedecit ketika pengguna mobil berbelok dan suara muncul di bagian ban
  6. Karet yang fungsinya menutup debu ataupun boot bisa cepat robek.

Cara Periksa Suku cadang Ball Joint Mobil Hyundai

Ketika sudah merasakan beberapa gejala maka segera lakukan pemeriksaan langsung. Pengguna mobil korea bisa datang ke bengkel servis resmi hyundai karena memiliki peralatan yang cukup lengkap. Namun apabila mempunyai peralatan memadai bisa mengeceknya sendiri.

Dalam hal ini tentunya ada beberapa langkah yang harus diperhatikan agar tidak terjadi kerusakan saat mengecek.

  1. Anda bisa memulainya dengan mendongkrak mobil bagian depan. Lalu memilih bagian roda yang berbunyi ataupun dirasa sangat aus.
  2. Pegang roda bagian atas dan bawah kemudian goyangkan ke arah dalam lalu luar. Dengan demikian Anda dapat merasakan ban mobil kocak atau tidak. Jika ternyata dari pemeriksaan yang dilakukan ban mobil kocak maka harus ke langkah berikutnya.
  3. Anda dapat meminta bantuan orang lain untuk menginjak pedal rem.
  4. Selanjutnya dengan mengulangi langkah yang sama yakni menggoyangkan roda ke dalam dan ke luar. Namun jika tidak ada bagian yang kocak setelah rem diinjak maka ada kerusakan pada bearing roda.

Ball joint mobil korea Hyundai memang memiliki peranan sangat penting pada kemudi sehingga harus diwaspadai kerusakannya. Ball joint juga berfungsi sebagai sumbu roda yang memaksimalkan gerakan ketika roda dibelokkan.