26 November 2022
Apakah Efektif Meminum Susu Gemukin Badan Bagi Lansia?

Apakah Efektif Meminum Susu Gemukin Badan Bagi Lansia?

Banyak yang mencari susu gemukin badan untuk mereka yang berat badannya tidak mencapai angka ideal,  terutama untuk lansia. Sebab biasanya berbadan kurus akan dipandang sebagai kekurangan gizi dan rentan menderita penyakit.

Keefektivitasan Susu Gemukin Badan

Pada prinsipnya, untuk menambah berat badan memang sebaiknya dengan memanfaatkan sajian utama yaitu berupa bahan pangan alami segar yang diolah dengan teknik tertentu.

Namun dalam keadaan tertentu jika ternyata asupan sajian utama ini tidak dapat memenuhi target penambahan berat badan, maka perlu adanya bahan tambahan makanan  dari luar. Baik berupa suplemen atau susu gemukin badan.

Namun yang menjadi pertanyaan apakah susu yang digunakan untuk menambah berat badan lansia mampu menambah jumlahnya secara efektif dalam waktu tertentu? Itu karena tergantung dengan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Kandungan Protein

Susu penambah berat badan biasanya mengandung protein yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan susu biasa. Agar protein yang bermanfaat untuk membentuk massa otot serta meningkatkan proses regenerasi sel di dalam tubuh.

Kandungan protein di dalam susu penambah berat badan ini dapat dimanfaatkan juga untuk mengurangi risiko gejala sarcopenia pada lansia. Suatu keadaan keadaan hilangnya massa otot secara drastis karena proses degenerasi usia.

Pada jangka panjang dapat menyebabkan penurunan aktivitas fisik serta kondisi sistem kekebalan tubuh yang tidak lagi maksimal. Sehingga,  lansia akan cenderung lebih mudah terkena penyakit  serta mengalami penurunan kegunaan jaringan dan organ tubuh

Kandungan Karbohidrat

Kandungan karbohidrat dalam susu penambah berat badan juga termasuk salah satu faktor yang dapat membuat kenaikan berat badan secara signifikan. Soalnya juga dapat menjadi penyumbang kalori pada sajian ini.

Khusus pada susu penambah berat badan karbohidrat yang ada di dalamnya mencapai 80 sampai 100 gram.  Sementara pada susu biasanya mencapai 8 sampai 13 gram.

Kandungan Lemak

Lemak juga merupakan salah satu zat gizi yang ditambahkan pada susu penambah berat badan dalam jumlah yang cukup banyak yaitu mencapai 10 sampai 17 gram lemak. Pada susu biasa kandungannya hanya 5 sampai 8 gram.

Inilah yang menyebabkan mengapa kalorinya kemudian akan disimpan dalam cadangan lemak di dalam tubuh. Sehingga akan terjadi kenaikan berat badan secara perlahan.

Sebelum Anda mengkonsumsi susu penambah berat badan sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga kesehatan. Fungsinya adalah untuk \mendiagnosa asupan yang tepat agar tujuannya tercapai.

Sebab tidak semua susu penambah berat badan dapat dikonsumsi begitu saja. Dalam keadaan khusus tentu saja membutuhkan susu yang yang khusus pula. Produk susu penambah berat badan memiliki kandungan serta jumlah nutrisi yang berbeda yang belum tentu cocok dikonsumsi oleh semua orang.

Jika memang tujuan Anda mengkonsumsi susu gemukin badan adalah untuk meningkatkan berat badan, konsumsilah sesuai dengan takaran penyajian. Jangan pula terlalu berlebihan agar terhindar dari obesitas.