26 November 2022
Apa Itu Kopi Decaf?

Apa Itu Kopi Decaf?

Dari namanya, kopi decaf adalah “decaffeinated coffee” adalah kopi tanpa kafein. Tapi bukannya banyak orang yang minum kopi karena ada kandungan kafein? Mengapa ada kopi tanpa kandungan kafein di dalamnya?

Dekafeinasi Kopi dalam Air Laut

Pada tahun 1903, seorang pedagang kopi Jerman bernama Ludwig Roselius memperhatikan bahwa biji kopi secara tidak sengaja terendam air laut selama transportasi, ia menemukan bahwa biji kopi yang terendam air laut kehilangan sebagian besar kandungan kafeinnya tanpa banyak kehilangan rasa. Proses ini akhirnya dipatenkan pada tahun 1906, dengan menguapi biji kopi dengan asam yang berbeda dan menggunakan benzena untuk menghilangkan kandungan kafeinnya.

Proses Panjang Pembuatan Kopi Decaf

Setelah melalui banyak proses pengembangan yang berbeda, kopi tanpa kafein diproduksi dengan menggunakan metode terbaru, namun tetap dengan proses yang panjang untuk menjaga kualitas biji kopi. Membuat kopi tanpa kafein dimulai dengan menempatkan biji kopi dalam air pada suhu yang sangat tinggi dengan tekanan air yang tinggi.

Proses perendaman ini biasanya memakan waktu sekitar 8 jam. Meski telah melalui proses yang panjang, namun kandungan kafein dalam kopi belum sepenuhnya hilang. Sementara kopi biasa mengandung sekitar 80 hingga 120 miligram kafein, kopi decaf hanya mengandung 3 miligram kafein.

1. Proses Air (Swiss)

Proses ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1930-an dengan seduhan biji kopi hijau dalam air panas, kemudian sisa airnya disaring melalui filter karbon aktif, yang kemudian digunakan kembali untuk merendam biji hijau lainnya. Rebusan tersebut digunakan terus menerus sampai habis. Sayangnya, cara ini menyebabkan ciri-ciri kopi hilang karena kandungan kafeinnya berkurang.

2. Proses Larutan Kimia

Seperti namanya, proses ini menggunakan pelarut kimia yaitu ethyl acetate. Pada proses ini biji kopi dikukus dan dicuci dengan pelarut ethyl acetate, kemudian dikukus kembali. Setelah itu, biji kopi dikeringkan dan kemudian disangrai. Biasanya, biji kopi dihilangkan kafeinnya dengan proses yang dikenal sebagai “dekafeinasi alami”.

3. Proses Karbon Dioksida

Proses ini adalah yang terbaru dalam dekafeinasi, menggunakan ekstraksi karbon dioksida subkritis. Jadi biji kopi hijau pertama-tama direndam dalam panci baja tertutup berisi air dan kemudian disuntikkan dengan karbon dioksida. Karbon dioksida dalam proses ini memiliki efek melarutkan kafein tanpa mempengaruhi rasa dan karakteristik kopi.

Kopi tanpa kafein bisa menjadi alternatif kopi sehari-hari bagi orang yang ingin minum kopi tanpa terlalu banyak kafein. Jika ingin mencobanya di rumah, Anda bisa mencoba Nescafe Gold Decaffein Jar, cukup tambahkan sedikit air mendidih dan siap disajikan. Jika diinginkan, Anda juga bisa menambahkan gula atau susu pada kopi decaf Anda sesuai dengan selera, baik itu diminum dingin ataupun panas.