Sakit kepala merupakan hal yang lumrah dialami setiap orang karena berbagai faktor yang menyebabkan kondisi tersebut. Bila Anda sering mengeluhkan sakit kepala belakang, sebaiknya ketahui hal yang menyebabkan kondisi itu. Bisa jadi stress dan tegang menyebabkan sakit kepala terasa menjadi, bisa juga disebabkan oleh posisi duduk yang bekerja terlalu lama di depan komputer atau penyebab lainnya.

7 jenis makanan yang bisa mengatasi rasa sakit kepala

Bila Anda sering mengalami sakit kepala belakang, maka bisa mengkonsumi obat pereda rasa sakit. Namun, Anda wajib konsultasi dengan dokter bila rasa sakit kepala tidak kunjung membaik sebab bisa menyebabkan masalah kesehatan tertentu.

Selain konsumsi aspirin yang acap menjadi obat sakit kepala, Anda bisa mencoba konsumsi jenis makanan yang bisa meredakan rasa sakit kepala berikut :

  • Ikan

Menu ikan yang kaya omega 3 dipercaya bisa meredakan rasa sakit kepala yang menyakitkan, misalnya ikan salmon, trout atau herring. Hal ini disebabkan oleh kandungan EPA pada ikan yang memiliki fungsi antiinflamasi yang mampu menghambat hormon prostaglandin. Hormon prostaglandin merupakan pemicu rasa nyeri dan peradangan pada kepala yang membuat Anda mengeluhkan sakit kepala setiap waktu.

  • Kentang panggang

Anda bisa mencoba mengatasi sakit kepala dengan mengkonsumsi kentang panggang yang mengandung kalium. Kalium ini berfungsi mengganti cairan tubuh yang hilang dan menjaga keseimbangan elektrolit selain konsumsi air putih secara cukup. Bagi Anda yang acap alami sakit kepala, bisa saja dehidrasi memicu rasa sakit yang lebih serius.

  • Kacang almond

Bisa saja stress karena pekerjaan membuat Anda lebih sering mengeluhkan rasa sakit kepala. Cara mengelola stress dengan rileksasi, melakukan hobi atau olahraga rutin wajib Anda coba ya! Selain itu, Anda bisa mengganti camilan di rumah dengan menu camilan yang lebih sehat seperti kacang almond. Kandungan magnesium yang cukup tinggi pada kacang almond bisa meredakan sakit kepala yang disebabkan oleh migrain.

  • Roti gandum

Tidak hanya memiliki fungsi mengenyangkan perut saja, gandum ternyata mengandung karbohidrat yang bisa meningkatkan glukosa dan menjaga kadar gula tetap stabil. Seseorang yang alami penurunan kadar gula sehingga nutrisi oksigen ke otak berkurang acap mengeluhkan sakit kepala.

  • Jamur

Menu yang wajib Anda jadikan makanan pereda sakit kepala adalah jamur. Kandungan vitamin B2 pada jamur cukup tinggi yang bisa meringankan gejala migrain yang Anda alami setiap hari. Anda bisa mengkonsumsi jamur dalam bentuk tumis atau diolah menjadi camilan keripik jamur yang lezat.

  • Sayuran bayam

Seseorang yang kekurangan zat besi acap mengeluhkan sakit kepala sebab anemia. Bila Anda memiliki riwayat anemia, maka sering mengalami sakit kepala bukan hal yang asing lagi. Coba konsumsi sayuran bayam yang kaya antioksidan, vitamin B, magnesium, dan mikronutrien yang bisa menghilangkan sakit kepala Anda.

  • Cokelat

Sakit kepala bisa membuat Anda tidak nyaman bekerja sehingga produktivitas harian menjadi terganggu. Bila tidak segera ditangani, maka sakit kepala bisa mengganggu kesehatan fisik Anda, lho! Selain mengkonsumsi obat pereda rasa sakit kepala, coba Anda mengkonsumsi cokelat yang bisa mengatasi sakit kepala ini. Cokelat mengandung kakao yang bisa meningkatkan protein yang efektif mencegah sel saraf mengeluarkan molekul inflamasi yang menyebabkan migrain.

Anda bisa menikmati cokelat batangan murni dengan kandungan kakao yang lebih tinggi. Bisa juga memilih minuman cokelat yang bisa memberikan rileksasi dan ketenangan pikiran setiap hari. Setidaknya Anda bisa terbebas dari masalah sakit kepala karena migrain, bukan? Jangan salah memilih cokelat di pasaran yang mengandung kakao rendah sehingga menyebabkan sakit kepala, alih-alih meredakan nyeri atau menghilangkan sakit kepala tersebut.

Kini Anda bisa meredakan gejala sakit kepala yang menyakitkan dengan konsumsi bahan makanan di atas, ya! Lakukan pola hidup sehat agar terhindar dari stress yang menyebabkan sakit kepala semakin buruk. Bila masalah membuat Anda menjadi stress dan cenderung mengalami sakit kepala, segera cari solusi dengan berkeluh kesah pada orang terdekat yang bisa Anda percaya atau segera mencari bantuan psikolog. Sakit kepala belakang yang semakin buruk bisa menjadi indikasi masalah kesehatan serius yang harus Anda waspadai, ya!